Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Demo Tolak Kedatangan Mahfud di Malang

Kompas.com - 30/08/2013, 11:34 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa di Universitas Kanjuruhan (Unikama), Malang, Jawa Timur, yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPK), berunjukrasa menolak kehadiran Mahfud MD untuk mengisi acara Sarasehan Nasional di kampus itu.

Demo dilakukan di depan rektorat kampus setempat, Jumat (30/8/2013). Puluhan mahasiswa itu membawa berbagai poster bertuliskan "Amankan Kampus dari Alumni bejat. Utamakan P3T. Sterilkan Kampus Inikama dari Politik praktis. Jangan Salahkan Kami jika Berontak kepada Senior".

Ditemui di sela-sela aksi, salah satu perserta demo, Muhammad Suri menjelaskan, mahasiswa menolak Mahfud MD datang dalam acara digelar Ikatan Keluarga Besar Alumni Unikama (Ikaba), pada Sabtu (31/9/2013).

"Acara tersebut jelas sangat politis. Karena itu, mahasiswa menolak acara tersebut yang mengundang Pak Mahfud MD, sebagai pembicara dalam Sarasehan Nasional dan Rakernas. Anehnya Ikaba itu muncul tiba-tiba. Tak jelas kapan dibentuknya," kata mahasiswa angkatan 2009 itu.

Selain mengundang Mahfud sebagai pembicara, acara tersebut kata Suri, juga mengundang politisi Partai Demokrat, yang saat ini menjadi calon legislatif DPRD Kota Malang, Cristea Frisdiantara, sebagai pembicara.

"Mahasiswa tidak mau politik praktis, masuk ke kampus. Karena kampus tempat pendidikan. Bukan wadah konsolidasi kepentingan politik pratis," katanya.

Selain itu, penolakan terhadap sarasehan nasional dan kehadiran Mahfud MD itu, karena dinilai menggangu kegiatan Pengenalan Program Pendidikan Perguruan Tinggi (P3T). "Kegiatan P3T tidak optimal. Acaranya serba dikurangi. Hanya seminggu. Biasanya dua minggu. Penutupan diundur akibat kegiatan yang dihadiri Mahfud MD itu," tegas Suri.

Alasannya pengurangan kegiatan P3T, alasan rektorat tidak punya dana. Padahal pendaftarannya senilai Rp 250.000. "Alasan itu tidak rasional kalau dikurangi dengan alasan dana," katanya.

Jika sarasehan terus dilaksanakan tambahnya, mahasiswa akan kembali demo pada Sabtu (31/8/2013) nanti, saat acara berlangsung dan Mahfud MD datang ke Unikama. "Kita akan demo lagi besok menolak kedatangan Mahfud MD," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com