Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Asongan Blokade Jalur KA Lintas Selatan

Kompas.com - 28/08/2013, 12:41 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com- Ratusan pedagang kaki lima dan asongan di lingkungan Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (28/8) memblokade jalur kereta api di barat Stasiun Purwokerto. Mereka memprotes kebijakan PT Kereta Api Indonesia yang melarang pedagang berjualan di dalam kompleks peron stasiun.

Mereka mulai menduduki dua lajur rel sejak pukul 08.30 WIB. Ratusan pedagang baik laki-laki maupun perempuan duduk berjajar memenuhi jalur selatan penghubung Jakarta-Surabaya.

Para pedagang mulai dilarang berjualan di dalam peron stasiun sejak sekitar dua bulan lalu. Sejak saat itu, mereka sama sekali tidak bisa mencari penghasilan.

"Kami pedagang protes kebijakan PT KAI yang pilih kasih. Pedagang asongan diusir, tetapi mereka membolehkan gerai minimarket di dalam stasiun," ujar Isah (32), salah satu pedagang asongan.

Hingga saat ini pihak pedagang masih bernegosiasi dengan manajemen PT KAI di lokasi. Sudah dua kereta yang ditahan massa, masing-masing satu kereta barang dan satu lainnya kereta penumpang. Namun keduanya akhirnya dibirkan lewat setelah petugas mengusir para pedagang untuk sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com