Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPUD Kediri Distribusikan Logistik Pilgub Jatim

Kompas.com - 28/08/2013, 12:26 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com
- Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri, Jawa Timur, mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Gubernur Jatim dan Pemilihan Wali Kota Kediri ke semua tempat pemungutan suara (TPS) di wilayahnya, Rabu (28/8/2013).

Komisioner KPUD Kota Kediri, Samanhudi, mengatakan ada enam truk yang membawa seluruh logistik berupa kotak suara, bilik, bantalan, surat suara, hingga alat pencoblos yang akan digunakan pada pencoblosan 29 Agustus 2013 besok.

Logistik itu akan disalurkan ke TPS yang ada di seluruh Kota Kediri yang berjumlah 531 TPS yang tersebar di 46 PPS dengan target penyelesaian hingga pukul 18.00 WIB. " Nanti sudah harus selesai karena besok sudah hari pencoblosan," kata Komisioner KPUD Kota Kediri yang membawahi Divisi Logistik itu, Rabu (28/8/2013).

Samanhudi menambahkan, penyaluran logistik itu menggunakan sistem pengamanan melekat berupa penempatan dua polisi serta dua petugas dari KPU pada setiap truk. "Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan setiap armada juga dicatat nomor polisi dan tujuan TPS-nya ," imbuhnya.

Hingga hari ini, kata Samanhudi, pihaknya tidak mendapatkan kiriman logistik Pilgub Jatim berupa bantalan, bilik suara maupun alat pencoblosnya dari KPU Jatim. Namun menurutnya dapat diatasi dengan peminjaman dari logistik pemilihan wali kota.

Oleh karena itu diperlukan penyesuaian, yakni di setiap TPS hanya dibangun dua bilik suara, berkurang dua dari empat bilik yang direncanakan. "Kami yakin dapat teratasi karena dari hitungan kami, jumlah pemilih setiap TPS berkisar 350 sampai 450 pemilih dengan durasi mencoblos maksimal 5 menit." pungkasnya.

Pantauan di kantor penyelenggara pemilu yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto itu, tampak puluhan personel kepolisian juga melakukan penjagaan sepanjang pendistribusian itu. "Selain penjagaan truk pengangkut, anggota juga disiagakan disini (kantor KPUD)," kata Komisaris Abraham Sisik, Kapolsek Kediri Kota.

Pilgub Jatim diikuti empat pasangan calon yaitu, Soekarwo-Saefullah Yusuf, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, Bambang DH-Said Abdullah, serta Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja.

Sedangkan untuk Pilwalkot Kediri terdapat tujuh pasangan, yaitu Arifudinsyah-Sudjatmiko, Bambang Hariyanto-Hartono, Imam Subawi-Suparlan, Samsul Azhar-Sunardi, Kasiadi-Budi Rahardjo, Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibbah, Herry Muller-Ali Imron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com