Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik Pilgub ke Masalembu Diangkut Helikopter TNI AD

Kompas.com - 27/08/2013, 18:42 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Masalah dengan distribusi logistik Pemilihan Gubernur Jawa Timur ke pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep akhirnya terselesaikan setelah KPU Jawa Timur memutuskan menggunakan pesawat helikopter militer.

Helikopter yang digunakan KPU Jawa Timur didatangkan dari Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 67 kotak suara langsung dinaikkan ke atas pesawat di Bandara Trunojoyo, Sumenep.

Ketua KPU Sumenep Toha Samadi, mengatakan, logistik yang dikirim menggunakan helikopter itu akan disebar di tiga titik, masing-masing di Pulau Masalembu, Pulau Masakambing, dan Pulau Karamian.

Menurut rencana, logistik itu akan diangkut dua kali. Hari ini akan diangkut menuju Pulau Masalembu untuk dua desa, yakni Desa Desa Masalima dan Desa Sukajeruk. Rabu (28/8/2013) besok, logistik akan diangkut menuju Desa Masakambing dan Desa Karamian.

"Tidak mungkin kita tuntaskan hari ini. Sebab waktunya sudah malam dan akan dilanjutkan besok pagi sampai selesai," ungkap Toha.

Saat ditanya tentang biaya sewa pesawat tempur, Toha mengaku tidak tahu pasti karena soal itu ditangani langsung oleh KPU Jatim. KPU Sumenep hanya bertugas menyiapkan logistik yang akan diangkut.

Sebelumnya KPU Sumenep berencana mengirimkan logistik Pilgub Jawa Timur, menggunakan pesawat helikopter biasa. Namun karena kondisi cuaca di perairan Masalembu dan sekitarnya sedang buruk, tidak ada helikopter yang berani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com