Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Capres, Surya Paloh: Partai NasDem Tahu Diri

Kompas.com - 26/08/2013, 19:25 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan, Partai NasDem baru akan mencalonkan kadernya menjadi presiden bila memenangkan Pemilu Legislatif 2014. Hal ini diungkapkan Surya Paloh saat menyampaikan pidato politknya di hadapan ribuan kader, anggota dan simpatisan Partai NasDem saat Rapat Kerja Wailayah dan pembekalan calon anggota DPRD se-Provinsi Maluku di gedung Islamic Center, Ambon, Senin (26/8/2013) petang.

"Kalau Partai NasDem menang di Pemilu kita akan tampil mencalonkan diri sebagai presiden, kalau hanya di posisi kedua kita pikir-pikir, kalau di posisi ketiga kita pikir-pikir juga dan kalau di posisi keempat kita serahkan saja buat pemenang pileg nomor satu dan dua," cetus Paloh.

Menurut Paloh, saat ini Partai NasDem hanya fokus pada pemilu legislatif dan belum memikirkan tentang calon presiden.

"Kalau ada orang yang tanya tentang pencapresan, bilang kepada mereka Partai NasDem tahu diri. Saat ini kita hanya fokus untuk pemilu legislatif, soal pencapresan itu akan dipikirkan setelah pileg," ungkap Paloh.

Dia menjelaskan, tujuan Partai NasDem didirikan semata-mata bukan untuk meraih kekuasaan semata, namun untuk membawa perubahan bagi bangsa dan negara yang saat ini mengalami keterpurukan. "Oleh sebab itulah kita harus menang agar perubahan dapat kita wujudkan," cetus Paloh disambut riuh gemuruh tepuk tangan para kader dan anggota partai.

Paloh mengatakan, untuk mencapai kemenangan, maka seluruh kader Partai NasDem, termasuk di Maluku harus memiliki jiwa militansi yang tinggi serta mampu bekerja keras di tengah-tengah masyarakat. "Kita harus menang, saya minta semua kader harus bekerja keras dan memiliki jiwa militansi yang tinggi," seru Paloh yang kembali disambut tepuk tangan.

Dalam pidatonya, Paloh juga mengajak kepada setiap calon legislatif, kader, dan anggota partai agar dapat bahu membahu dan bersatu serta tidak saling menyerang. Dia juga menyerukan agar seluruh kader dan anggota Partai NasDem dapat mewujudkan cita-cita perubahan sebagaimana visi dan tujuan Partai NasDem didirikan.

"Jangan saling menyerang, mari sama-sama singsingkan lengan dan bersatu agar kita bisa menang," ajak Paloh.

Selain Surya Paloh, hadir dalam Sekretaris Jenderal Partai NasDem Rio Capella, Korwil Partai Nasdem wilayah Maluku Nono Sampono dan Ketua DPP Ferry Mursidan Baldan dan sejumlah pengurus DPP lainnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Wilaya Partai NasDem Maluku, Hamdani Laturua bertekad, NasDem di Maluku akan menjadi partai terbesar ketiga. Dia pun menjanjikan seluruh kabupaten dan kota di Maluku akana da fraksi Partai NasDem.

"Kita yakin Partai NasDem akan berada pada posisi tiga besar di Maluku. Kita juga optimistis salah satu caleg Partai NasDem akan menjadi anggota DPR RI dari Maluku,” ungkap Hamdani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com