Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Lahan dengan Dibakar, Pelaku Diamankan Polisi

Kompas.com - 23/08/2013, 16:03 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan gambut di Kalimantan Tengah mulai terjadi, kebakaran lahan gambut tidak hanya faktor alam namun juga karena disengaja untuk memudahkan buka lahan.

Kebakaran lahan Jumat (23/08/2013) siang terjadi di sekitar kawasan bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya. Lahan seluas empat hektar itu diduga sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk dijadikan area hotel.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Tengah bersama TNI dan Polri berupaya memadamkan api hingga lebih dari dua jam. Koordinator Lapangan BPBD Kalteng Agung mengatakan, pihaknya langsung menyerahkan pelaku kepada anggota kepolisian untuk ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Mengaku untuk dibangun hotel, seluas empat hektar, selanjutnya kepada pihak kepolisian karena itu ranah hukum. Tugas kami melakukan pemadamannya saja," ujar Agung.

Kawasan sekitar bandara Tjilik Riwut menjadi salah satu area prioritas tim tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan gambut mengingat pada tahun sebelumnya, penerbangan dari dan menuju Palangkaraya selalu terganggu kabut asap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com