Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Garuda Wisnu Kencana Ditargetkan Rampung 2016

Kompas.com - 22/08/2013, 18:17 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com — Megaproyek patung Garuda Wisnu Kencana yang akan dimulai kembali, Jumat (23/8/2013), menjadi tantangan sendiri bagi seniman Nyoman Nuarta. Perancang patung setinggi 75 meter ini menargetkan pembangunan dan pemasangan selesai dalam waktu tiga tahun atau pada tahun 2016.

Nuarta yang dibantu rekan seniman lainnya akan melanjutkan pengerjaan bagian-bagian tubuh patung Garuda dan Wisnu di Bandung. Nuarta juga merencanakan ada bagian patung yang akan dikerjakan langsung di kawasan Taman Budaya GWK. Dalam penyelesaian patung GWK, ada sejumlah bagian yang diubah untuk menyesuaikan estetika dan konstruksi.

"Kita sudah mempelajari dari segala sisi dan kita telah terima banyak kritik keras. Dari situ kita semakin dewasa dan GWK semakin berkembang desainnya, penyesuaian estetika, konstruksi, pertimbangan-pertimbangan angin dan gempa, sehingga kita didampingi ahli-ahli," ujar Nuarta saat konferensi pers menjelang peletakan batu pertama di Kawasan Taman Budaya GWK, Kamis (22/8/2013).

Seperti diberitakan, setelah sempat terhenti cukup lama sekitar 16 tahun, patung GWK akan segera dimulai kembali pembangunannya. Pihak yayasan GWK menggandeng investor PT Garuda Adhimatra Indonesia (PT GAIN) untuk merampungkan megaproyek yang diperkirakan menelan dana hingga Rp 450 miliar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com