Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye di Blitar, Khofifah Ziarah ke Makam Bung Karno

Kompas.com - 22/08/2013, 14:40 WIB
BLITAR, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Timur 2013, Khofifah Indar Parawansa, mengunjungi Kota Blitar, dalam rangkaian kampanye cagub Jatim, Kamis (22/8/2013).

Kesempatan itu dimanfaatkan Ketua Umum PP Muslimat NU itu untuk berziarah ke makam Presiden Pertama RI, Sukarno, di daerah Bendogerit, Sanan Wetan, Kota Blitar.

Khofifah datang ke komplek makam itu didampingi Farida Solahudin Wahid, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Blitar, KH Ali Zen, Wakil Ketua Tanfidz  DPC PKB Kota Blitar Tontowi, serta Sekretaris Tanfidz PKB Kota Blitar, Totok Sugiarto.

Kehadiran mantan Anggota DPR RI dari Fraksi PKB tersebut disambut Juru Kunci Makam Bung Karno, Suwanto. Dengan dipandu sang juru kunci, Khofifah beserta rombongan menaburkan bunga di pusara Bung Karno. Selanjutnya, mereka melakukan tahlil dan mendoakan arwah dipimpin oleh KH. Ali Zen.

Kepada wartawan, Khofifah mengaku sebagai pengagum Bung Karno, sehingga setiap berkunjung ke Blitar, dia selalu berusaha menyempatkan diri untuk nyekar dan mendoakan tokoh Proklamator RI tersebut.

‘’Saya adalah salah seorang pengagum Bung Karno sejak kecil. Pengorbanan Bung Karno untuk mendirikan negara ini sangat luar biasa. Makanya setiap berkunjung ke Blitar, sebisa mungkin saya berusaha nyekar dan berdoa ke makam beliau,’’ ujar Khofifah.

Sementara itu, di luar makam, masyarakat sekitar dan pengunjung yang mengetahui kedatangan Khofifah, bergegas menunggu di gerbang masuk makam. Mereka berharap mendapat kesempatan untuk bersalamandan foto bersama.

Menurut salah seorang pengunjung, Nasir, dia beserta istri dan anaknya baru saja mendengar kabar jika Khofifah nyekar di Makam Bung Karno. Oleh karena itu, Nasir dan keluarganya rela menunggu Cagub Jatim tersebut selesai nyekar, agar bisa bersalaman dengan Khofifah.

‘’Saya pendukung bu Khofifah, tapi sampai sekarang belum pernah ketemu langsung, apalagi salaman. Seringnya cuma lihat di tv. Lha, ini mumpung ada ibu, saya tunggu biar istri dan anak saya juga bisa salaman dengan ibu,’’ ujar Nasir.

Usai berziarah, Khofifah yang didampingi Farida Solahudin Wahid langsung mendatangi satu per satu warga masyarakat yang menunggunya. Mereka lantasmengajak salaman dan foto bersama.

Pengunjung lain yang melihat Khofifah bersalaman dengan warga langsung antusias mendekat dan berebut bersalaman, tanpa lupa mengabadikan pertemuan itu dengan kamera ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com