Bawaslu Jatim Terima Laporan Perusakan Baliho

Kompas.com - 22/08/2013, 14:25 WIB
Baliho pasangan cagub-cawagub di jalanan Kota Surabaya. KOMPAS.com/Achmad FaizalBaliho pasangan cagub-cawagub di jalanan Kota Surabaya.
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com - Perang baliho gambar pasangan calon gubernur Jawa Timur ternyata diwarnai perang rusak baliho oleh orang tidak dikenal di sejumlah titik di Surabaya. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim mengaku sudah memproses aksi pengerusakan alat peraga kampanye itu.

Menurut laporan yang masuk di Bawaslu Jatim, baliho pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) yang bertuliskan "Kami pilih KarSa, Kamu?" di bawahnya terdapat coretan yang rapi dengan tulisan ‘Bambang-Said’.

Baliho KarSa yang menjadi dirusak dengan coretan Bambang-Said itu dapat dilihat di pojok utara Taman Apsari depan Grahadi, Jalan Tunjungan, Jalan Panglima Sudirman (monumen Bambu Runcing) dan Bunderan Satelit Mayjend Sungkono.  

Ketua Bawaslu Jatim, Sufianto, mengingatkan agar semua pihak, terutama elemen masyarakat untuk menghargai etika kampanye yang ada.

"Baliho yang dicoret dan merugikan pasangan calon gubernur ini sudah tidak dibenarkan dan bisa masuk kategori pelanggaran karena membuka konflik antar calon, kita juga akan klarifikasi ke tim dari Bambang-Said," kata Sufianto, Kamis (22/8/2013).

Juru Bicara tim pemenangan Karsa Anang Supriyono membenarkan aksi perusakan itu. Dia meyakini, pengeruskan itu dilakukan secara terorganisir. "Kita tidak membalas merusak, tapi kami sudah laporkan ke Bawaslu Jatim," ujarnya.

Tim Pemenangan Bambang-Said juga menyangkal telah melakukan perusakan baliho calon pasangan lain. "Calon kami sejak awal sudah berkomitmen melakukan kampanye yang fair, jadi tidak mungkin itu ulah kami," terangnya.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X