Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Dukungan untuk Khofifah, PKB Libatkan MUI

Kompas.com - 21/08/2013, 14:28 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bergerak agresif untuk memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja di Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Kali ini, PKB menggerakkan gerbong Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menggalang dukungan ulama kepada pasangan calon nomor urut 4 ini.

Pada Selasa (20/8/2013) malam, di kantor DPW PKB Jatim Surabaya, puluhan ulama pengasuh pondok pesantren kawasan tapal kuda Jatim menggelar pertemuan konsolidasi pemenangan Khofifah-Herman.

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin.

"Kehadiran Kiai Ma'ruf ini akan mengurangi isu yang dikembangkan sebagian orang bahwa perempuan itu tak bisa menjadi pemimpin. Semua keraguan itu terjawab karena sudah ada Ketua MUI yang mendukung," jelas Jazilul Fawaid, Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Herman, Rabu (21/8/2013).

Menurut Jazilul, KH Ma'ruf Amin nantinya tidak hanya menggelar pertemuan di Kantor PKB Jatim. Rombongan MUI nantinya juga dijadwalkan akan bergerak ke sejumlah pesantren di Jatim dengan memaksimalkan sisa waktu kampanye Pilgub Jatim.

Khofifah-Herman akhirnya diperbolehkan menjadi kontestan Pilgub Jatim tahun ini pasca turunnya keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memerintahkan KPU mengembalikan hak konstitusional pasangan Khofifah-Herman.

Pasangan yang didukung PKB dan lima partai gurem ini sebelumnya dicoret KPU Jatim menyusul kurangnya dukungan partai sebesar minimal 15 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com