Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye di Kediri, Cagub Bambang DH Bicara Tuyul

Kompas.com - 21/08/2013, 13:46 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Calon Gubernur Jawa Timur Bambang DH meminta pendukungnya mewaspadai adanya politik uang (money politic) atau disebutnya sebagai "tuyul gentayangan" pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur 29 Agustus 2013 nanti.

"Ingat, hati-hati dengan tuyul gentayangan atau setan yang membagi-bagikan uang pada hari coblosan nanti," kata Bambang di hadapan ratusan pendukungnya dalam kampanye yang digelar di Lapangan Pasar Ngronggo, Kota Kediri, Rabu (21/8/2013).

Calon gubernur yang maju dari Partai PDI Perjuangan ini menambahkan, money politic adalah upaya pembodohan kepada rakyat sehingga daripada memberi uang, ia lebih memilih memberikan perubahan terhadap rakyat melalui program-programnya.

Beberapa kasus yang terjadi di daerah lain seperti Madiun, menurutnya, merupakan bukti adanya politik uang. Di kota itu tim pemenangannya menemukan 138 kasus dan saat ini dalam pelaporan ke Panwaslu.

Dia lantas meminta segenap pendukungnya turut mengawasi pelaksanaan pilgub nanti dan memerintahkan menangkap setiap "tuyul gentayangan" yang kedapatan membagikan uang. "Warga banteng kalau tidak berani menangkap tuyul, istilah surabaya namanya 'kebacut'!. Harus berani menangkap. Tapi jangan main hakim sendiri, serahkan polisi," tandasnya.

Dalam kampanyenya itu, Mantan Wali Kota Surabaya dua kali periode ini didampingi oleh Pramono Anung, yang sekaligus menjabat sebagai ketua tim suksesnya. Bambang dijadwalkan juga berkampanye di Pare.

Adapun selain pasangan Bambang DH-Said Abdullah, pemilihan gubernur nanti akan diikuti oleh tiga pasang calon lainnya, yaitu Soekarwo-Saefullah Yusuf, Eggi Sudjana- Muhammad Sihat, serta Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawiredja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com