Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 1 Triliun Digelontorkan untuk Madrasah Diniyah

Kompas.com - 19/08/2013, 17:07 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyatakan, Pemerintah Provinsi Jatim telah menggelontorkan anggaran hingga Rp 1 triliun untuk perkembangan lembaga madrasah diniyah (madin) atau sekolah agama Islam di seluruh Jawa Timur.

"Anggaran itu akumulasi selama empat tahun ini dalam bentuk bantuan operasional sekolah daerah," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu di sela-sela apel akbar pendekar Pagar Nusa Jawa Timur di Aula Muktamar, Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (19/8/2013).

Saifullah menambahkan, penerima bantuan itu adalah para santri dari setiap jenjang pendidikan madin serta gurunya. Santri tingkat Ula (setingkat SD) mendapat bantuan Rp 15.000 per siswa per bulan, sedangkan tingkat Wustho (menengah) mendapat Rp 25.000. Sementara untuk gurunya mendapat jatah Rp 300.000.

"Hingga saat ini sudah ada sekitar satu juta penerima bantuan. Anggarannya didapat dari patungan Pemerintah Provinsi Jatim dan kabupaten," imbuhnya.

Perhatian kepada madin, kata pendamping Gubernur Soekarwo ini, merupakan bagian dari program kerja selama kepemimpinannya, yaitu menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak.

"Program itu adalah rintisan dan saat ini masih terus dalam penyempurnaan, terutama pada penyelarasan datanya," pungkas Saifullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com