Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan 6.000 Nama Pemilih Ganda di Gorontalo

Kompas.com - 19/08/2013, 10:27 WIB
Kontributor Gorontalo, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menemukan lebih dari 6.000 nama pemilih ganda yang terdaftar di daerah tersebut. KPU Gorontalo kemudian melakukan pembersihan nama-nama tersebut dari Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah membersihkan pemilih ganda. Pemilih ganda karena memiliki kesamaan pada nama, tanggal lahir dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)," ungkap Komisioner KPU Gorontalo, Verrianto Madjowa, Senin (19/8/2013).

Komisioner yang membawahi Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan antar Lembaga KPU Gorontalo tersebut menjelaskan jumlah ganda yg sudah dihapus sedikitnya berjumlah 6.000 nama.

Verrianto menjelaskan, selain menemukan 6.000 nama pemilih ganda, KPU juga menemukan terjadi penyusutan jumlah nama pemilih dari jumlah 809.620 nama di Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi 806.926 nama di Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

"Dengan demikian, jumlah pemilih yang berkurang sebanyak 2.694. Data sementara, jumlah pemilih yang berkurang yakni dari ganda dan meninggal sebanyak 6.597 dan pemilih yang bertambah 3.104," kata Verrianto.

Penambahan jumlah nama terbanyak terdapat di Kabupaten Bone Bolango yakni 2057 pemilih. Demi mengantisipasi nama pemilih yang ganda, KPU Provinsi Gorontalo akan meminta klarifikasi ke KPU Bone Bolango.

"Kita akan klarifikasi adanya pemilih baru tersebut. Apakah pemilih ini tidak sempat didaftar saat petugas turun ke lapangan atau sebab lain," kata Verrianto.

Soal waktu klarifikasi, Verrianto menerangkan, pihak KPU Provinsi Gorontalo berencana akan mendatangi KPU Bone Bolango pada Rabu (21/8/13). "Namun kita masih menunggu jawaban dari KPU Bone Bolango, apakah mereka siap di tanggal itu," lanjut Verrianto.

Sesuai tahapan pemilihan legislatif 2014, KPU masih akan melakukan koreksi terhadap DPSHP setelah daftar tersebut diumumkan.

Petugas juga masih akan merapikan jumlah pemilih setelah mendapatkan masukan dan tanggapan masyarakat atas penetapan DPSHP. Hal-hal yang akan dirapikan antara lain pemilih ganda, melengkapi serta memperbaiki jenis kelamin, status kawin, tanggal lahir yang masih kosong dan pemilih baru.

"KPU Provinsi Gorontalo mengharapkan masyarakat, partai politik dan panitia pengawas dapat memberikan koreksi DPSHP yang sudah diumumkan," ujar Verrianto.

DPSHP Gorontalo sudah diumumkan sejak Jumat (16/8/13) di tempat strategis seperti di kantor desa maupun kelurahan. Pengumuman DPSHP akan berlangsung hingga Jumat (23/8/13).

Hasil perbaikan terhadap DPSHP akan disusun menjadi DPSHP Akhir. DPSHP Akhir ini akan menjadi bahan bagi KPU kabupaten/kota untuk disusun menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang rencananya akan ditetapkan pada 7 hingga 13 September 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com