Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Seribu Tandatangan untuk Mesir Digelar di Polewali

Kompas.com - 19/08/2013, 09:21 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Aksi solidaritas terhadap perjuangan rakyat Mesir terus terjadi di Tanah Air. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, warga menggalang sejuta dukungan tanda tangan untuk mengecam aksi tentara Mesir terhadap warga.

Mereka pun mendesak Pemerintah Indonesia untuk mengecam Mesir dan menyatakan dukungan atas perjuangan rakyat Mesir menolak kudeta militer di negeri itu. Selain itu, warga juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk melakukan intervensi dan menekan kekejaman militer Mesir.

Aksi ini diikuti aktivis kemanusiaan dan lembaga sosial yang ada di Polewali Mandar dan dilakukan di berbagai titik atau pusat-pusat keramaian di Polewali Mandar, termasuk di sekolah-sekolah.

Aksi akan digelar dalam beberapa hari ke depan, Senin (19/8/2013), mendapat sambutan luas dari berbagai kalangan di Polewali. Dalam waktu singkat, ribuan tanda tangan tertoreh di atas selembar kain berukuran 2x50 meter.

Koordinator pelaksana dukungan tanda tangan untuk perjuangan rakyat Mesir, Alauddin menyebutan, Mesir dan Indonesia sebagai satu bangsa yang merdeka tak bisa dipisahkan satu sama lain.

Ketika Indonesia sedang berjuang mendapatkan pengakuan dari negara lain sebagai negara merdeka dan berdaulat penuh, Mesir adalah negara pertama di dunia yang menyatakan dukungannya terhadap kemerdekaan Indonesia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com