Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, 374 Pengungsi Rokatenda Masuk Maumere

Kompas.com - 16/08/2013, 17:09 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis


MAUMERE, KOMPAS.com - Pemerintah mengangkut 374 pengungsi Rokatenda di Pulau Palue Kabupaten Sikka, NTT ke Maumere dengan KRI Teluk Nuku. Mereka diberangkatkan pukul 08.00 Wita dan tiba di Pelabuhan Maumere pukul 13.30 Wita.

Dengan demikian, jumlah pengungsi Rokatenda tahap kedua mencapai 1.151 orang karena sebelumnya sebanyak 779 pengungsi masuk Maumere juga. Mereka semua ditampung di kantor lama bupati di Maumere.

Pengamatan Kompas.com, para pengungsi yang baru tiba itu ditempatkan pada enam tenda (kamp) kosong yang sudah disiapkan Pemda, Caritas Keuskupan Maumere, Peduli Kasih Indosiar, dan Dompet Dhuafa.

Koordinator Caritas Keuskupan Maumere Pastor Eman Embu SVD di lokasi pengungsian Maumere Jumat (16/8/2013) mengatakan, sesuai hasil koordinasi antara pemkab, LSM dan gereja, bantuan diarahkan ke Maumere.

"Ada kebijakan agar bantuan terpusat di Maumere, jangan ke Palue. Pemerintah sedang berupaya mengosongkan penduduk dari pulau itu. Bantuan ke Palue menghambat rencana pengosongan penduduk dari pulau itu,"kata Embu.

Saat ini pengungsi sangat membutuhkan toilet dan kamar mandi, selimut dan terpal. Caritas telah menyediakan tiga unit toilet portabel, masih butuh sekitar 10 unit lagi. Satu unit WC dan mandi portabel senilai Rp 3,5 juta.

Toilet jenis ini tersedia juga di Maumere, tetapi pemerintah harus mendatangkan dari Kupang. Sementara perjalanan dari Kupang butuh waktu sampai 4-5 hari, sementara pengungsi akan terus berdatangan. Saat ini pemerintah baru berfokus untuk pengungsi di kantor lama bupati Sikka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com