Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peningkatan Penumpang Kapal Kalteng Pekan Depan

Kompas.com - 15/08/2013, 15:15 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis


PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Arus balik di pelabuhan-pelabuhan di Kalimantan Tengah belum mencapai puncaknya. Jumlah penumpang yang tiba dengan kapal laut diperkirakan meningkat pekan depan. Kondisi berbagai pelabuhan masih normal, bahkan tidak sepadat hari biasa.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Anasro Amin saat dihubungi dari Palangkaraya, Kalteng, Kamis (15/8/2013) mengatakan, sebanyak tiga kapal datang Rabu kemarin. Jumlah total penumpang dari kapal-kapal itu sekitar 1.200 orang.

Jumlah itu sama saja dengan hari biasa. Kalau arus balik sedang pada puncaknya, jumlah total penumpang paling tidak mencapai 5.000 orang per hari, ujarnya. Anasro memperkirakan, peningkatan jumlah penumpang yang tiba di Sampit terjadi pekan depan.

Administrator Pelabuhan (Adpel) Kumai, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Agus Subagio mengatakan, arus balik di Pelabuhan Kumai belum normal. Jumlah penumpang Rabu kemarin hanya 400 orang atau lebih sedikit dibandingkan hari biasa sekitar 700 orang per hari.

Jumlah penumpang diperkirakan meningkat pekan depan. Pada puncak arus balik, jumlah penumpang bisa mencapai 5.000 orang per hari. Sementara, jumlah kapal yang merapat hingga tiga buah per hari. Arus balik di Pelabuhan Kumai sejauh ini masih terkendali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com