Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Wali Kota Ambon Akan Lepas Peserta Darwin-Ambon Yacht Race 2013

Kompas.com - 14/08/2013, 22:46 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Dua puluh tiga peserta lomba perahu layar akan mengikuti pelayaran Darwin-Ambon Yacht Race (DAYR) 2013 yang akan dimulai 17 Agustus. Kepastian ini disampaikan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Rabu (14/8/2013).

Peserta DAYR akan dilepas Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina dari Darwin, Australia, menuju Ambon pada 17 Agustus 2013.

DAYR sendiri merupakan lomba tahunan yang awalnya diprakarsai oleh sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of the Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976.

Richard mengatakan delegasi Kota Ambon yang dipimpin Wakil Wali Kota, MAS Latuconsina telah berangkat menuju Darwin Rabu (14/8/2013) tadi dan selanjutnya akan melepaskan keberangkatan peserta lomba pada 17 Agustus 2013.

Richard mengungkapkan, jumlah peserta DAYR kali ini mengalami peningkatan yang signifikan,  jika dibandingkan pada 2012 yang hanya sembilan peserta. “Tadinya ada 24 peserta yang terdaftar, namun satu peserta mengundurkan diri karena perahunya rusak ditabrak,” katanya.

Richard menjelaskan DAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 1976 sebagai bentuk kebersamaan antara pemerintah Kota Ambon dan pemerintah Darwin. Dia pun berharap, kegiatan ini nantinya dapat menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Ambon.

"Kebersamaan ini harus tetap dibina dan dipertahankan, kita juga berharap semoga iven ini akan menarik minat wisatawan asing untuk datang ke Ambon," ujar Richard.

Penyelenggaraan DAYR 2013 ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Keparenkraf), Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com