Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kediri, Khofifah Janjikan Asrama Miskin

Kompas.com - 14/08/2013, 14:24 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Khofifah Indar Parawansa, calon gubernur Jawa Timur, dalam kampanyenya di Kediri, Jawa Timur, Rabu (14/8/2013), menjanjikan pembangunan asrama yang terintegrasi dengan sistem pendidikan yang baik bagi anak-anak petani keluarga tidak mampu.

"Kediri ini merupakan daerah pertanian. Nanti kita bangun asrama agar anak-anak dari petani kurang mampu juga mendapatkan hak kehidupan yang lebih baik," kata Khofifah Indar Parawansa di hadapan pendukungnya di Lapangan Desa Kandat, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Gambaran asrama itu, menurut cagub yang berpasangan dengan Herman S Sumawiredja ini, akan disesuaikan dengan ciri khas Kediri yang merupakan basis pesantren. Nantinya, diharapkan para lulusan asrama itu akan menjadi pribadi yang unggul dan berkah.

"Kami sudah menghitung, biaya satu asrama 8 miliar hingga 10 miliar," imbuh Ketua Pusat Muslimat NU ini.

Untuk wilayah pesisir, Khofifah mengatakan perlunya pembangunan SMK kelautan untuk menunjang pendidikan anak-anak dari keluarga nelayan. Begitu pula dengan daerah-daerah lain, pembangunannya harus disesuaikan dengan potensi wilayah tersebut.

Pemerataan pendidikan itu, menurutnya, perlu dilakukan karena merupakan hak setiap warga negara. Selama ini, amanat dalam undang-undang menunjukkan bahwa sekurang-kurangnya 20 persen anggaran diperuntukkan bagi pendidikan. Namun, saat ini, anggaran untuk pendidikan menurutnya baru terserap 7 persen. "Padahal, APBD kita cukup banyak, 17 triliun," imbuhnya.

Dalam kampanyenya di Kediri, cagub yang pendaftarannya sempat digagalkan oleh KPU Jatim ini juga menyapa pendukungnya di beberapa pasar tradisional dan menyeru mereka untuk mendukungnya.

Perhelatan pilgub yang akan berlangsung pada 29 Agustus 2013 itu akan diikuti oleh empat pasangan calon, yaitu Soekarwo-Saefullah Yusuf, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, Bambang DH-Said Abdullah, serta Khofifah-Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com