Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Bentrok di Lamongan Tak Terkait Isu Agama dan FPI

Kompas.com - 13/08/2013, 03:16 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Polda Jawa Timur menahan 44 warga dan menyita 43 senjata tajam, menyusul bentrok di Kecamatan Paciran, Lamongan, yang terjadi pada Minggu (11/8/2013) malam. Bentrok dipastikan tidak terkait ormas Front Pembela Islam (FPI).

"Ini murni aksi kriminal sekelompok orang, tidak ada keterlibatan anggota ormas FPI di dalamnya," tegas Kapolda Jawa Timur Irjen Unggung Cahyono, Senin (12/8/2013). Bentrok tersebut mengakibatkan dua sepeda motor dan dua rumah terbakar, serta dua orang terluka parah.

"Kami masih memburu pelaku utamanya," kata Unggung. Pemeriksaan intensif masih terus berlangsung. Namun, Unggung menegaskan, bentrok tidak terkait dengan isu agama.

Semula bentrok ini diduga melibatkan anggota FPI Lamongan. Namun, bantahan keras langsung dilontarkan pengurus DPD FPI Jawa Timur atas dugaan itu.

Pengurus FPI Jawa Timur pun menyatakan, FPI Kabupaten Lamongan sudah dianggap tidak ada setelah terjadi perbedaan prinsip dengan pengurus pusat FPI. Seluruh pengurus FPI Lamongan sudah dinonaktifkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com