Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Ditangkap di Yogyakarta DPO Teroris Kelompok Rohadi-Sigit

Kompas.com - 10/08/2013, 22:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Satu orang yang ditangkap Densus 88 di Yogyakarta masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) teroris kelompok Rohadi dan Sigit Indrajit.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Ronny F Sompie mengatakan, satu orang yang ditangkap adalah Muh Saiful Sabani alias Ipul. Dia ditangkap pada Jumat (9/8/2013) pukul 22.45 WIB di Malioboro.

"Ipul bersama Ovie, Rohadi, Imam, dan Sigit yang telah tertangkap sebelumnya, berlatih membuat bom yang dilatih Sepriano alias Mambo," terang Ronny, Sabtu (10/8/2013).

Selain itu, Ipul juga ditengarai ikut melakukan latihan militer atau i'dad di Gunung Salak, pada Januari 2013. Ipul juga termasuk pencari dana untuk halaqoh yang dipimpin Rohadi.

Ronny mengungkapkan, Ipul juga mengetahui perencanaan teror terhadap Umat Buddha dan Kedubes Myanmar, yang sempat digagalkan. Ia juga menjadi penghubung antara Rohadi dan Sepriano Mambo, sehingga terjadi penyerahan bom pipa.

Bersama Ipul, Densus 88 juga menangkap satu pria lagi bernama Bayu karena kebetulan mereka sedang bersama. Namun, peran Bayu masih diperiksa.

"Tim masih memeriksa keduanya. Kami meminta masyarakat membantu dan mendukung secara moril terhadap upaya pengungkapan kasus ini secara lengkap dan tuntas, sekaligus untuk pencegahan kasus lainnya," harap Ronny.

Ipul adalah warga Bumirejo, Kebumen, Jawa Tengah, sedangkan Bayu Dwi Ardianto alias Bayu (21), warga Seyegan, Sleman, Yogyakarta.(Theresia Feliciani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com