Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Tertunda 3 Hari, 155 Penumpang Garuda Mengamuk

Kompas.com - 09/08/2013, 13:22 WIB
GORONTALO, KOMPAS.com — Sebanyak 155 calon penumpang maskapai Garuda Indonesia mengamuk di Bandara Jalaluddin Gorontalo, Jumat (9/8/2013), akibat tidak ada kejelasan jadwal keberangkatan setelah penundaan selama tiga hari.

Para calon penumpang itu menuntut pihak Garuda menghadirkan pimpinannya terkait ketidakjelasan jadwal pemberangkatan tersebut. Ke-155 calon penumpang Garuda itu juga mendesak pihak pengelola bandara agar segera memindahkan bangkai pesawat Lion Air yang masih menghalangi jalur penerbangan pesawat lainnya.

"Sudah tiga hari saya bolak-balik ke bandara karena pihak Garuda yang tak pernah jelas menginformasikan jadwal penerbangan," ucap Ardiansyah, salah seorang calon penumpang Garuda.

Ariansyah mengatakan, semula dia akan berangkat pada Rabu (7/8/2013) lalu, tetapi tertunda karena insiden tergelincirnya pesawat Lion Air akibat menabrak sapi di landasan pacu bandara tersebut.

Ardiansyah mengaku sudah tiga hari ini bolak-balik dari wilayah Gorontalo Utara menuju bandara yang terletak di Kecamatan Isimu, Kabupaten Gorontalo. "Jarak tempuh kami ke bandara cukup jauh, sekitar 48 kilometer sehingga pihak Garuda harus bertanggung jawab atas kerugian ini," serunya.

Dia mengatakan, kejengkelannya sudah memuncak karena pembatalan terus dilakukan tanpa informasi jelas, apalagi pihak Garuda terkesan berbelit-belit memberikan penjelasan kepada calon penumpangnya.

Selanjutnya, para penumpang sepakat agar pihak Garuda menghadirkan pimpinannya, sekaligus meminta pihak bandara segera berupaya memindahkan bangkai pesawat agar tidak mengganggu keberangkatan.

"Saya terpaksa tidak bisa menikmati cuti Lebaran ini, sebab tidak punya arah yang jelas harus pulang kampung melalui jalur apa, ditambah lagi solusi berangkat melalui penerbangan di Bandara Sam Ratulangi harus terlebih dahulu menempuh perjalanan darat selama delapan jam," kata Ardiansyah lagi.

Pimpinan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Jumat (9/8/2013) siang, menemui perwakilan calon penumpang. Manajer Distrik Garuda Indonesia Gorontalo Antony Zulkarnain meminta agar para penumpang bersabar, mengingat otoritas bandara sedang berupaya memindahkan bangkai pesawat Lion Air yang masih berada di landasan pacu tersebut.

Selengkapnya soal penjelasan Garuda atas keterlambatan terbang ini baca: Jadwal Tertunda 3 Hari, Pimpinan Garuda Temui Perwakilan Penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com