Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNN Serahkan Kasus Kopilot Garuda ke Otoritas Bandara

Kompas.com - 07/08/2013, 16:17 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Kisruh seputar hasil tes urine Kopilot Garuda, Munoz Lopes Victor, ternyata belum berakhir meskipun Garuda Indonesia telah menyatakan bahwa hasil tes atas kopilot berkebangsaan Spanyol itu negatif dan dia tidak mengonsumsi narkoba. Garuda mengklaim pemeriksaan telah dilakukan secara independen di tiga klinik yang berbeda.

Namun, di pihak lain, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan belum bisa memastikan bahwa Victor terbebas dari narkoba.

"Ya, hasil tes urine kemarin, Victor terindikasi positif menggunakan narkoba. Sebab, mengandung zat-zat seperti HCL dan sebagainya. Mesti dilakukan pendalaman, cuma BNNP Sulsel telah menyerahkan sepenuhnya ke Balai Kesehatan Penerbangan dan Otoritas Bandara," kata Kepala BNNP Sulsel Komisaris Besar (Kombes) Polisi Richard M Nainggolan, Rabu (7/8/2013) siang.

Menurut Richard, BNN juga akan berencana untuk berkoordinasi dengan otoritas bandara terkait masalah tersebut. "Kami tidak ada kewenangan karena sudah menyerahkan sepenuhnya ke Balai Kesehatan Penerbangan. Kami juga tidak bisa melarang kopilot itu terbang," tambah Richard.

Sebelumnya telah diberitakan, kopilot pesawat dengan nomor penerbangan GA 678 tujuan Kendari, Sulawesi Tenggara, Victor, dicurigai menggunakan narkoba setelah hasil tes urine di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (5/8/2013).

Tes urine ini dilakukan BNNP Sulsel bekerja sama dengan Polda Sulselbar dalam rangka pengawasan mudik Lebaran 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com