Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Tak Berdagang, Pedagang Obral Daging Sapi Lokal

Kompas.com - 07/08/2013, 14:54 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
 — Menjelang hari raya Idul Fitri, sejumlah pedagang daging di Makassar, Sulawesi Selatan, terpaksa mengobral dagangannya dengan harga pokok.

"Tadi pagi, kami menjual daging sapi dengan harga Rp 95.000 karena stok sapi masih banyak dan hari sudah mulai sore stok daging belum habis terjual. Kami terpaksa jual dengan harga modal Rp 70.000 per kilonya," ungkap Haris, seorang pedagang daging di salah satu pasar tradisional di Makassar, Rabu (7/8/2013) siang.

Diobralnya daging asal Kabupaten Bone dan Takalar itu dilakukan lantaran para pedagang tidak berjualan besok, Kamis (8/8/2013), yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri. Jadi, daging harus habis hari ini juga.

Pedagang ayam potong pun memutuskan untuk menjual dagangan mereka dengan harga murah, yakni Rp 30.000 per ekor.

Namun, obral itu tidak berlaku pada ayam kampung yang harganya terus melonjak, bahkan naik hingga 100 persen menjelang Lebaran.

"Untuk ayam kampung jantan dewasa, semula harga Rp 70.000 per ekor, kini naik menjadi Rp 150.000 per ekornya, sedangkan ayam kampung remaja dipatok dengan harga Rp 75.000 per ekornya," sahut Andi, seorang pedagang ayam kampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com