Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Keluhkan Biaya Masuk di Pelabuhan Makassar

Kompas.com - 06/08/2013, 08:47 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Tingginya biaya retribusi masuk di Pelabuhan Makassar banyak dikeluhkan oleh pengunjung yang akan memasuki area pelabuhan yang terletak di Jalan Nusantara itu.

Pihak pengelola retribusi mematok biaya untuk pengendara sepeda motor Rp 10.000, sementara pejalan kaki dikenai biaya Rp 5.000 per orang. Selain itu, sistem pembayarannya masih manual dan biasanya pengunjung tidak mendapat bukti pembayaran.

"Biasanya kami bayar, nanti diminta karcisnya baru diberi oleh petugas. Kalau tidak diminta mereka hanya diam aja," keluh Suriani, seorang pengunjung pelabuhan, Selasa (6/8/2013).

Suri mengatakan, dia memilih kapal laut sebagai alat transportasi karena lebih ekonomis dan terjangkau bagi rakyat kecil seperti dia. Namun, biaya masuknya dianggapnya mencekik sehingga para pengantar tidak bisa masuk dan hanya mengantar sampai di depan gerbang pelabuhan.

Keluhan itu tidak datang dari para calon penumpang ataupun pengantar, tetapi juga orang yang hendak mengurus administrasi. Salah satunya adalah Suryo. "Saya tidak tahu kenapa (biaya) terlalu tinggi seperti itu," keluh lelaki itu.

Perlu diketahui, biaya masuk bagi pengunjung di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin justru lebih murah. Pembayarannya menggunakan sistem elektronik yang menghitung dengan waktu dua jam berikutnya hanya dikenakan Rp.3.500 khusus untuk kendaraan roda dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com