Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Rp 60.000, Harga Ayam Potong Jadi Rp 120.000

Kompas.com - 06/08/2013, 08:30 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


PINRANG, KOMPAS.com - Harga-harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran di Pinrang, Sulawesi Selatan, terus melambung tinggi. Harga ayam kampung misalnya naik hingga Rp 120.000 per ekor, naik dari harga Rp 60.000. Sedang harga ayam potong dan ayam ras dijual Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per ekor.

Telur ayam ras dan ayam kampung juga melonjak tajam. Harga telur ayam ras yang sebelumnya Rp 22.000 per rak isi 30 butir naik menjadi Rp 39.000. Sedangkan harga telur ayam kampung naik lebih tinggi lagi, dari Rp 1.000 per butir menjadi Rp 2.000 per butir.

Para pedagang eceran di pasaran tradisional beralasan, harga ayam potong naik dua kali lipat karena para pengepul sudah menaikkan harga. Kalau mau mengambil untung, kata mereka, harga dinaikkan hingga lebih dari 50 persen.

Menurut Suparman, seorang pedagang ayam di Pasar Kecamatan Lembang, harga ayam naik sejak dua pekan sebelum Lebaran. Harga itu, kata dia, akan naik terus karena permintaan juga meningkat.

"Harga ayam biasanya paling mahal Rp 60.000 (per ekor) dan sekarang sudah jadi Rp 120.000. Yang paling murah ayam kampung, Rp 90.000. Itu juga ukurannya kecil dan ayam betina," kata Suparman.

Melonjaknya harga ayam potong ini tentu berdampak pada daya beli masyarakat. Mereka harus mengurangi jumlah pembelian, sesuai dengan keuangan.

Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada ayam potong dan telur. Barang-barang kebutuhan pokok lainnya, seperti minyak goreng, mentega, bawang, cabai merah keriting, tomat, kentang, dan berbagai sayur mayur tidak mau kalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com