Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Banser Semarang Jaga Posko Lebaran

Kompas.com - 05/08/2013, 04:34 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Semarang mengerahkan 500 personel Banser untuk menjaga posko Lebaran bekerja sama dengan jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0733/BS Semarang.

"Pembukaan posko Lebaran ini merupakan program rutin yang kami gelar setiap tahun. Kali ini, menggandeng Kodim 0733/BS," kata Ketua PC GP Ansor Kota Semarang, Syaichu Amrin di Semarang, Minggu (4/8/2013) malam.

Seusai peresmian Posko Lebaran Ansor-Kodim 0733/BS Jalan Jenderal Sudirman itu, Amrin menjelaskan Ansor Semarang membuka posko Lebaran di lima titik strategis di wilayah itu yang menjadi akses utama pemudik.

Ia menyebutkan lima titik pendirian posko Lebaran Ansor tersebut, yakni Posko Jrakah, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Arteri Yos Sudarso, Jalan Kaligawe Genuk, dan terakhir Posko Jalan Majapahit Semarang.

"Kebetulan, kami memilih pendirian posko di rumah pengurus, di masjid, dan kantor Nahdlatul Ulama (NU) sehingga memudahkan penyediaan tempat istirahat bagi pemudik, termasuk fasilitas layanan kesehatan," katanya.

Menurut dia, posko tersebut ditujukan untuk membantu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik, baik mereka yang menggunakan kendaraan bermotor, sepeda motor, mobil pribadi, maupun angkutan umum.

"Setiap shift jaga posko akan diisi oleh 5-7 personel banser. Mereka akan bergiliran menjaga posko, terutama diintensifkan pada malam hari yang dianggap rawan tindakan kriminalitas dan kecelakaan," katanya.

Para pemudik yang letih, kata dia, bisa memanfaatkan pelayanan posko tersebut untuk beristirahat, termasuk pemeriksaan kondisi kesehatan yang ditangani oleh tim medis di setiap posko.

Selain itu, Syaichu juga mengatakan setiap posko Lebaran Ansor Semarang menyediakan fasilitas sahur gratis bagi pemudik sehingga bisa dimanfaatkan, baik pemudik tujuan Kota Semarang ataupun orang yang sekadar melintas.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 0733 BS Mayor Kav Burhanuddin menjelaskan pihaknya siap membantu pelayanan posko Lebaran yang didirikan oleh organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk membantu pemudik.

"Untuk posko Lebaran Ansor ini, kami sudah siapkan personel satu peleton yang akan bergiliran berjaga di lima posko. Kami imbau para pemudik bisa memanfaatkan posko-posko yang telah disediakan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com