Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Tersendat di Ajibarang

Kompas.com - 04/08/2013, 22:24 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Arus mudik dari arah Jakarta yang melintasi jalan penghubung jalur pantai utara dengan jalur selatan Jawa Tengah tersendat di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Minggu (4/8/2013) malam.

Dari pantauan di pertigaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ajibarang, tersendatnya arus kendaraan dari arah Jakarta itu terjadi akibat pertemuan dengan arus yang datang dari Purwokerto (timur) maupun Wangon (selatan).

Kondisi tersebut menyebabkan kendaraan yang datang dari arah pantura dan hendak menuju ke Yogyakarta melalui Wangon harus bergantian saat berbelok ke kanan. Selain itu, kondisi ruas jalan yang sempit menyebabkan arus kendaraan menjadi tersendat.

Kendati demikian, petugas Kepolisian Resor Banyumas yang bertugas di Pos Pengamanan Lebaran 2013 Ajibarang dengan sigap berusaha mengatur kelancaran lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Berdasarkan data di Posko Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Ajibarang, arus mudik yang melintas di Ajibarang pada H-4 Lebaran didominasi kendaraan roda dua yang mencapai 100 unit per menit.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Banyumas Ajun Komisaris Polisi Chalid Mawardi memperkirakan bahwa puncak arus mudik yang melintas di wilayah Kabupaten Banyumas berlangsung pada H-4 Lebaran atau hari Minggu.

Oleh karena itu, dia mengimbau para pemudik untuk tetap waspada dan meningkatkan konsentrasi saat berkendara.

"Jika merasa letih, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. Silakan beristirahat di ’rest area’ yang telah disediakan di sepanjang jalur mudik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com