Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngurah Rai Sediakan "Extra Flight", Ubung Posko Kesehatan Gratis

Kompas.com - 01/08/2013, 16:34 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com
- Menghadapi arus mudik 2013, Bandara Ngurah Rai dan Terminal Ubung, Denpasar melakukan berbagai persiapan.

Misalnya, Bandara Ngurah Rai, meski tengah dalam proses renovasi, namun tetap berusaha maksimal melayani para pemudik.

Kadishub Kominfo Bali I Dewa Putu Punia Asa yang memantau kesiapan posko mudik di Terminal-Bandara-Pelabuhan Bali, Kamis (1/8/2013) menegaskan, Bandara Ngurah Rai sangat siap melayani pemudik. Bahkan untuk mengantisipasi membeludaknya pemudik yang menggunakan jalur udara, bandara ini sudah menyiapkan 48 extra flight atau penerbangan tambahan.

"Bandara sangat siap, ada 48 extra flight dari H-7 yang efektif H-4 sampai H 7," ujar Punia di sela memantau Terminal Ubung, Denpasar.

Jumlah penerbangan tambahan ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 40 extra flight. Puncak arus mudik di Bandara Ngurah Rai diperkirakan terjadi pada H-3 hari raya Idul Fitri.

Sementara terminal Ubung mulai H-7, Kamis (1/8/2013) membuka posko kesehatan gratis yang disediakan untuk pemudik dan sopir angkutan lebaran. Bagi pemudik yang mengalami gangguan kesehatan akan ditangani 1 dokter dan 4 perawat yang bertugas secara bergantian selama 24 jam.

"Kalau ada keluhan gejala-gejala sakit sedikit bisa dicek di pos kesehatan, itu gratis," ujar Kadishub Kota Denpasar Gede Astika saat ditemui di Terminal Ubung, Denpasar.

Di posko ini, pemudik juga bisa memeriksa tensi darah serta meminta obat secara cuma-cuma untuk keluhan penyakit yang biasa dialami pemudik seperti mabuk kendaran dan diare.

Untuk tenaga kesehatan Dishub bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, sementara untuk pengadaan obat-obatan dibantu oleh Jasa Raharja. Posko ini akan dibuka dari H-7 hingga H 7 setelah hari raya Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com