Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dermaga Lima Merak Siap Dioperasikan

Kompas.com - 31/07/2013, 22:01 WIB
Dani Prabowo

Penulis


MERAK, KOMPAS.com - Dermaga lima Pelabuhan Merak, Banten, mulai Rabu (31/7/2013) ini sudah kembali dapat dilewati. Sebelumnya, dermaga ini sempat ditutup oleh PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak. Pasalnya, jembatan yang menghubungkan daratan dengan galangan kapal (moveable bridge) ambruk, Sabtu (27/7/2013).

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak, Supriyanto mengatakan, proses perbaikan jembatan yang ambruk telah rampung lebih cepat dari batas waktu yang diberikan. Pihak ASDP sebelumnya menargetkan perbaikan jembatan itu akan memakan waktu tiga hari.

"Target kami mulanya perbaikan dapat selesai tiga hari. Tetapi ternyata kurang dari tiga hari selesai," kata Supriyanto kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Rabu (31/7/2013).

Saat ditanya penyebab ambruknya jembatan tersebut, Supriyanto enggan mengungkapkannya. Ia hanya mengatakan, ambruknya jembatan tersebut terkait faktor cuaca. Supriyanto menambahkan, nantinya pada saat puncak arus mudik yang diprediksi akan jatuh pada h-5 lebaran, jalur Dermaga Lima Pelabuhan Merak akan dikhususkan bagi kendaraan roda dua.

"Dermaga lima ini akan dikhususkan bagi kendaraan roda dua bersama Dermaga Empat," tandasnya.

Ambruknya jembatan penghubung sempat menyebabkan sebuah truk tronton bermuatan tepung tapioka jatuh ke laut saat turun dari kapal feri Windu Karsa Pratama. Insiden tersebut terjadi Sabtu 27 Juli 2013 sekitar pukul 23.00 WIB saat kapal yang berangkat dari Bakauheni Lampung melakukan bongkar muat di dermaga lima.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Kendati demikian, sampai saat ini aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab ambruknya jembatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com