Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tanker Pertamina Tenggelam di Ternate

Kompas.com - 31/07/2013, 15:36 WIB

TERNATE, KOMPAS.com — KM Patriot Andalan, kapal tanker milik Pertamina, tenggelam di Pelabuhan Depot Pertamina Ternate, Maluku Utara (Malut), akibat dihantam gelombang besar yang datang secara tiba-tiba, Rabu (31/7/2013).

Manajer Distribusi Depot Pertamina Ternate Bagus Handoko mengungkapkan kronologi tenggelamnya kapal tersebut. Dia mengatakan, kecelakaan terjadi ketika kapal sedang menyalurkan BBM dari atas kapal ke tangki penampungan Pertamina. Namun, tiba-tiba gelombang besar menghantam kapal.

Akibatnya, badan kapal membentur pelabuhan dan sebagian buritan kapal bocor dan kemudian tenggelam. "Kapal tanker tersebut memuat sekitar 7.000 ton BBM terdiri atas 5.000 ton solar dan 2.000 ton BBM jenis Premium untuk kebutuhan di Kota Ternate yang didatangkan dari Papua," kata Bagus.

Saat kejadian, BBM yang sudah disalurkan ke tangki Pertamina baru 600 ton Premium dan 1.000 ton solar. Sisanya masih di dalam kapal, dan sebagian tumpah ke laut dan menyebar hingga radius 500 meter.

Bagus mengatakan, seluruh ABK kapal dan staf Depot Pertamina Ternate yang berada di kapal itu berhasil menyelamatkan diri, dan saat ini tengah diupayakan pencegahan meluasnya rembesan BBM ke laut dengan cara menggunakan disfersan.

Akibat tumpahnya BBM ke laut, Pertamina langsung melakukan pencegahan agar penyebaran solar tidak terlalu meluas pada titik titik tumpahan solar untuk menetralisasi kandungan minyak yang terbuang di Perairan Ternate.

Sejauh ini belum diketahui besaran kerugian yang timbul akibat kecelakaan ini. Sementara kebutuhan BBM di Kota Ternate tidak akan terganggu oleh kejadian tersebut karena stok BBM di Depot Pertamina Ternate masih cukup untuk 23 hari ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com