Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascabanjir, Kota Ambon Masih Gelap Gulita

Kompas.com - 30/07/2013, 21:44 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Sejumlah kawasan di Ambon, Maluku, hingga Selasa (30/7/2013) malam ini masih gelap gulita. Kondisi ini terjadi karena sejumlah gardu dan jaringan listrik mengalami kerusakan akibat banjir sejak pagi tadi.

Pemadaman listrik ini sudah terjadi sejak pagi di hampir seluruh kawasan di Kota Ambon. Listrik di sebagian kawasan baru dinyalakan kembali setelah banjir benar-benar surut. Pemadaman dilakukan selain karena terjadi gangguan jaringan, juga untuk menghindari adanya korban jiwa saat banjir terjadi.

Pantauan di sejumlah kawasan, kegelapan masih terjadi di sejumlah kawasan, di antaranya Batu Merah, Pos Kota, Batu Gantung, Batu Meja, hingga kawasan Batu Gaja, Galala, dan Ponegoro.

Manajer PLN Area Ambon Helmi Bantam mengakui masih terjadi pemadaman tersebut. ”Kami memadamkan listrik di 25.000 dari 90.000 pelanggan yang ada di Pulau Ambon. Hal ini dilakukan karena banyak gardu dan jaringan listrik rusak,” ungkap Helmi.

Helmi mengatakan, dalam waktu dekat dia akan segera memperbaiki sebagian jaringan listrik yang rusak akibat bencana tersebut. ”Hari ini pun kami sudah langsung memperbaiki jaringan listrik serta gardu yang rusak,” ujarnya.

Helmi mengaku, listrik yang padam di wilayah permukiman yang berada di pusat kota akan segera diusahakan untuk dinyalakan malam ini. Sementara untuk kawasan di luar pusat kota besok akan kembali pulih.

”Kami berusaha agar untuk kawasan pusat kota lampu akan menyala malam ini, sedangkan kawasan yang agak jauh dari kota diusahakan besok,” ujar Helmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com