Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Ambon, 7 Warga Dinyatakan Hilang

Kompas.com - 30/07/2013, 16:43 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Banjir hebat menerjang hampir seluruh kawasan dan permukiman warga di Ambon, Selasa (30/7/2013) pagi. Banjir besar ini terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan Kota Ambon sejak Senin malam.

Data sementara yang dihimpun Kompas.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menyebutkan, sedikitnya delapan orang dinyatakan meninggal dunia, tujuh orang hilang, dan puluhan warga lainnya mengalami luka-luka.

"Untuk sementara data yang saya dapat ada 8 warga yang meninggal dunia, 7 hilang dan puluhan orang mengalami luka – luka, itu sudah termasuk tertimbun tanah longsor dan terseret banjir,” kata Kepala BPBD Kota Ambon, Broery Tjokro kepada wartawan, Selasa sore.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah lokasi bencana sejumlah warga telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Di kawasan ini juga, tujuh warga lainnya masih dinyatakan hilang. Selain korban tewas, di kawasan ini juga tujuh warga belum ditemukann.

KOMPAS.COM/RAHMAN PATTY Banjir melanda Kota Ambon, Maluku, Selasa (30/7/2013). Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ambon menyatakan delapan orang meninggal dan tujuh lainnya hilang, sementara puluhan orang lainnya terluka.

Ketua RT 03 RW 07 Kelurahan Batu Meja, BW Masole kepada Kompas.com di lokasi bencana di Kawasan Batu Meja mengatakan, dua rumah warga di kawasan tersebut, hanyut terbawa air bersama delapan warga di dalam rumah tersebut setelah terjadi longsoran.

“Seorang korban telah ditemukan meninggal dunia dan ada tujuh warga lainnya yang masih hilang. Saya dan warga sempat melihat mereka hanyut tadi pagi.” kata Masole.

Ketujuh warga yang masih hilang tersebut yakni Yopi Marantika (28), Yosep Pingain alias Ongen (sudah ditemukan),  Ina Fingain, Pendi Lananrasa, Sarce Manuata (21) Reny, Senda dan seorang warga lain yang belum berhasil diidentifikasi.

Sementara di kawasan Batu Gaja, sesuai hasil pantauan Kompas.com tercatat, dua orang warga masih tertimbun longsor dan 10 lainnya mengalami luka – luka. Salah satu warga yang tertimbun longsor di kawasan ini teridentifikasi bernama Mei Kapitan, salah seorang siswa SMA.

Banjir yang menerjang Kota Ambon sejak Selasa dini hari tadi mencapai ketinggian 4 hingga 7 meter. Pantauan di kawasan Batu Merah Dalam, salah satu daerah yang paling parah terkena banjir, ketinggian air bahkan melebihi rumah-rumah warga.

Hal yang sama juga terjadi di kawasan Batu Meja, Batu Gaja, Skip, dan kawasan lainnya, di sejumlah kawasan ini ketinggian banjir juga mencapai 4 hingga lima meter.

Di kawasan Batu Merah, sejumlah warga bahkan terlihat menyelamatkan diri ke atap rumah – rumah warga yang tinggi. Banjir ini merupakan banjir terparah yang pernah terjadi di Kota Ambon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com