Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jalur Pantura, Setiap 200 Meter Ada Pos Polisi

Kompas.com - 30/07/2013, 11:36 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian RI menerjunkan sekitar 6.000 personel yang akan dikonsentrasikan untuk membantu pengamanan jalur pantai utara, Jawa Barat. Pada jalur tersebut akan ditempatkan pos polisi dalam setiap jarak 200 meter. Hal itu diungkapkan Nanan, dalam apel gelar pasukan persiapan Operasi Ketupat 2013, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Polri, kata Nanan, sengaja menempatkan personel dalam jumlah besar mengingat jalur pantura rawan kecelakaan. Banyaknya petugas yang melakukan penjagaan dan pengamanan diharapkan bisa menekan angka kecelakaan. Pada pelaksanaan mudik 2012, angka kecelakaan di kawasan pantura mencapai 5.200 kasus.

"Jumlah itu mengalami peningkatan 10 persen dari tahun 2011 yang hanya 4.244 kasus. Untuk itu, saya berharap agar jumlah kecelakaan pada tahun ini dapat berkurang," ujarnya.

Selain itu, adanya pos polisi juga bisa dimanfaatkan bagi pemudik sebagai lokasi istirahat alternatif. Terutama, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. "Kemampuan berkendara pemudik yang menggunakan sepeda motor itu kan terbatas, maksimal mungkin hanya tiga jam," kata Nanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com