Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Rugi, Pedagang Kaburkan Tanggal Kedaluwarsa

Kompas.com - 30/07/2013, 09:39 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


MAJENE, KOMPAS.com — Demi menghindari kerugian, beberapa pedagang di kota Majene, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengaburkan tanggal kedaluwarsa yang menempel di bungkus makanan instan, minuman, dan kosmetik.

Hal itu merupakan hasil temuan petugas gabungan Balai Pengawasan Obat dan Makanan Polewali Mandar, Dinas Perindag dan Dinas Kesehatan setempat, serta aparat kepolisian saat merazia makanan di sejumlah pasar tradisional dan swalayan di pasar Majene, Selasa (30/7/2013).

Sejumlah pedagang diduga sengaja menghapus atau mengaburkan tanggal kedaluwarsa barang jualan mereka untuk menipu pelanggannya. Barang-barang tersebut kemudian disita petugas.

“Dari hasil pantauan petugas kita menemukan puluhan jenis makanan, minuman, dan kosmetik yang sudah tak layak pakai. Pedagang yang kedapatan diminta tidak menjualnya lagi ke konsumen. Dan mereka yang membandel dan tetap menjualnya akan dikenai sanksi tegas,” ujar Kasat Reskrim Polres Majene AKP Jubaedi.

Petugas tak menyita dan menggeledah pemilik toko yang kedapatan menjual sejumlah barang kedaluwarsa. Petugas hanya menyita sampel produk berbahaya tersebut untuk dijadikan barang bukti sambil meminta pemilik toko dan kios untuk menarik seluruh barang yang tidak layak konsumsi dari tempat jualan mereka.

Polisi mengancam akan menindak pemilik toko, kios, atau swalayan yang tetap menjual barang-barang kedaluwarsa atau sengaja menghapus tanggal kedaluwarsa. Sanksi yang lebih berat adalah menutup tempat usaha mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com