Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Pemekaran Simalungun Terus Mengalir di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 29/07/2013, 01:24 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Masyarakat Kabupaten Simalungun terus memberikan dukungan terhadap upaya Bupati Simalungun, JR Saragih untuk memekarkan kabupaten yang terdiri atas 30 kecamatan ini.

Dukungan itu terlihat selama Bupati JR Saragih melakukan safari Ramadhan ke sejumlah kecamatan. Rombongan Bupati Simalungun melakukan buka puasa bersama masyarakat di dua kecamatan yakni Kecamatan Gunung Maligas dan Kecamatan Gunung Malela bertempat di halaman masjid Al Huda, PTPN III Kebun Bangun, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu.

Salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Gunung Malela, Ali Syafii Saragih pada kesempatan itu menyampaikan penghargaan dan dukungan terhadap Bupati Simalungun JR Saragih mendorong pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi 2 kabupaten yang ditarget terwujud tahun 2013.

"Karena kami tahu bahwa terwujudnya pemekaran Kabupaten Simalungun adalah keinginan seluruh masyarakat,” kata Ali Syafii, Minggu (28/7/2013).

Selanjutnya, Ali Syafii mewakili masyarakat Kecamatan Gunung Malela dan Gunung Maligas meminta Pemkab Simalungun memberikan perhatian serius perbaikan infrastruktur jalan di beberapa nagori atau desa di dua kecamatan.

Jalan yang paling parah mengalami kerusakan saat ini kata Ali Syafii berada di Nagori Pamatang Syahkuda, Kecamatan Gunung Malela atau yang dikenal masyarakat dengan jembatan Sipef.

"Jalan yang menghubungkan Pematangsiantar, Simalungun dan Asahan itu saat ini rusak cukup parah," ujarnya.

Menanggapi dukungan dan harapan masyarakat, JR Saragih SH MM mengatakan, Pemkab Simalungun akan terus berupaya untuk memperjuangkan pemekaran Simalungun segera terwujud.

"Sebagai bentuk keseriusan untuk mewujudkan pemekaran, saya pada Senin (29/7/2013) akan bertemu dengan 4 kepala daerah tetangga guna menandatangani peta tapal batas wilayah yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat pemekaran. Inilah upaya yang kami lakukan untuk mewujudkan pemekaran dalam rangka percepatan pembangunan," kata JR Saragih.

Ada pun para kepala daerah yang dijadwalkan akan bertemu dan menandatangani tapal batas wilayah dimaksud diantaranya, Walikota Pematangsiantar, Bupati Batubara, Bupati Sergai dan Bupati Asahan.

Sedangkan menyangkut perbaikan infrastruktur jalan, JR Saragih menyebut pihaknya akan memberikan perhatian yang lebih serius.

Acara buka puasa bersama masyarakat dua kecamatan itu diisi dengan pemberian bingkisan kepada sejumlah anak yatim, nazir masjid, penggali kubur dan bilal mayit, serta tausyah yang disampaikan oleh Al Ustadz Hambali Sitorus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com