Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jebol Dinding, Pencuri Gasak Puluhan Komputer

Kompas.com - 26/07/2013, 23:13 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis


BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Pencuri beraksi di sebuah toko komputer di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Damai, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (26/7/2013).

Toko Milinia Komputer yang juga dealer salah satu merek komputer ini kehilangan sedikitnya 38 unit, terdiri dari laptop dan komputer tablet. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Lebih dari 30 unit. Yang terhitung baru sekitar 38 unit. Masih dilihat lagi apa saja unitnya. Baru yang dilaporkan ke polisi saja," kata pemilik toko yang hanya bersedia menyebut dirinya sebagai Koh Afu.

Toko ini berlokasi di sebuah jalan utama di Balikpapan, di kawasan niaga Balikpapan Permai (BP). Kawasan ini terbilang ramai lantaran terdiri dari blok-blok ruko dan dekat terminal angkutan kota. Milinia Komputer, salah satu toko dari bangunan ruko berlantai empat, berada di seberang kawasan BP ini.

Jumat pagi, ketika toko buka, karyawan toko mendapati dinding bagian belakang bangunan ruko telah berlubang.

Seorang teknisi toko bernama Amir mengatakan, berdasar gambar rekaman CCTV, aksi pencurian tercatat terjadi sekitar pukul 22.00-23.00 Wita. Aksi sang pencuri tak berlangsung lama, sekitar 15 menit.

"Catatan di CCTV adalah sekitar pukul 10.00 sampai 11.00 malam. Pada jam itu di samping toko kami sedang berlangsung pengecoran dengan alat berat. Tentu suara ribut dan berisik. Diperkirakan, saat itulah pencuri ini beraksi. Kan suaranya bisa saja tidak terdengar karena suara mesin ready mix. Sedangkan dari CCTV kita melihat ada orang seperti pemulung keluar masuk di dalam toko," kata Amir.

Menurut Amir, pencurian ini merupakan yang kedua dialami Milinia Komputer.

Pihak toko kemudian melaporkan kejadian tersebut ke polisi pada sore hari. Afu sendiri yang memberi keterangan sejumlah barang yang hilang dari toko. Mendapat laporan tersebut, polisi segera olah tempat kejadian perkara.

"Sementara baru informasi dari orang-orang sekitar dan gambar di CCTV. Sayangnya hanya tampak perawakan pelaku. Tapi kita terus mengembangkan untuk mencari tersangka," kata Kepala Unit Jatanras Poltabes Balikpapan Ipda Sapto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com