Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Resmikan Kampus Baru ITB di Jatinangor

Kompas.com - 26/07/2013, 16:56 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meresmikan kampus baru Institut Teknologi Bandung (ITB), yakni di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat, (26/7/2013). Selain Rektor ITB Akhmaloka, acara peresmian itu juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Peresmian dilakukan juga dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan Mendikbud, Gubernur Jabar, dan Rektor ITB.

"Pembangunan kampus ITB sangatlah tepat didirikan di Jatinangor. Tempat seperti jatinangor ini memang tempat yang cocok untuk mencetak intelektual dan ilmuwan muda. Suasananya adem," kata M Nuh, di kampus ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat.

Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, di Jatinangor kini berdiri tiga kampus perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, yakni ITB, Universitas Padjadjaran, dan IPDN. Jaraknya pun berdekatan. Kampus ITB baru ini memiliki luas lahan 46 ha.

Pembangunan ini menghabiskan dana sekitar Rp 300 - 350 miliar. Di kampus tersebut populasi mahasiswa akan mencapai kurang lebih 7.500 mahasiswa.

"Alhamdulillah, kampus baru sekarang sudah berdiri. Ini berkat bantuan dari Pemerintah Provisi Jawa Barat dan juga pemerintah pusat. Mudah-mudahan berdirinya kampus ini dapat bermanfaat, tidak hanya mahasiswa dan internal ITB saja, tapi untuk masyarakat, bangsa, dan negara ini," kata Akhmaloka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com