Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pantura Purwakarta-Cirebon Siap Dilintasi Pemudik

Kompas.com - 25/07/2013, 18:33 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


CIREBON, KOMPAS.com
- Jalur pantai utara Pulau Jawa atau Pantura di ruas Purwakarta hingga  Cirebon, Jawa Barat, relatif telah siap dilintasi pemudik. Tidak terlihat kerusakan signifikan pada aspal di jalan-jalan tersebut.

Pantauan Kompas.com, Rabu (24/7/2013) hingga Kamis (25/7/2013), jalan berlubang hanya terdapat di akses masuk jalur pantura, yakni di daerah Pasar Anyar, Cikampek, serta  Jalan  Ahmad Yani, Karawang, yang menuju ke arah simpang Jomin, Subang.

Sementara itu, kondisi jalan di ruas Indramayu hingga Cirebon terbilang mulus. Hanya ada beberapa ruas di daerah tertentu yang masih bergelombang, salah satunya di Desa Kandang Haur.

Meski jalan itu cukup bagus untuk dilalui kendaraan, satuan kerja pelaksanaan jalan nasional wilayah tersebut masih melakukan sejumlah perbaikan.

Perbaikan tak hanya menambal jalanan berlubang, tapi juga perbaikan kondisi  pembatas  dua jalur Pantura,  baik yang mengarah ke Cirebon atau arah sebaliknya. Perbaikan pun  tampak difokuskan ke jalur arus balik. Kondisi yang sama juga terjadi di Tol Palikanci, akses menuju Cirebon. Jalan itu tampak mulus  dan nyaman digunakan.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, pemerintah terus memperbaiki kondisi jalan di sepanjang jalur  Pantura. Dia menjamin jalur itu siap digunakan jelang Lebaran.

"Pokoknya, kesimpulannya pantura siap dipakai Lebaran, sebelum 25 Juli 2013 atau H-10 menjelang Lebaran," kata Djoko di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com