Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa, PMI Muntilan Biasa Kehabisan Stok Darah

Kompas.com - 25/07/2013, 07:14 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Stok darah yang minim setiap bulan Ramadhan sudah menjadi hal biasa di Palang Merah Indonesia (PMI) Muntilan Kabupaten Magelang. Bahkan, beberapa hari yang lalu PMI sempat kehabisan stok darah golongan O dan B. Beragam cara pun ditempuh untuk mempertahankan ketersediaan stok darah.

"Kondisi seperti ini sudah biasa terjadi. Barangkali tidak hanya PMI Muntilan saja tapi PMI di cabang-cabang lain juga mengalami demikian," ungkap Kepala Markas PMI Muntilan Kabupaten Magelang, Kaswadi, Rabu (24/7/2013). Dia mengatakan karena "kebiasaan" ini, biasanya PMI Muntilan menambah stok darah jauh hari sebelum Ramadhan tiba.

"Namun karena permintaan terus tinggi, sementara tidak diimbangi dengan pemasukan, stok habis. Padahal biasanya permintaan darah melonjak setiap H-3 dan H 3 Lebaran,” ujar Kaswadi. Selama Juli ini, sebut dia, permintaan darah tercatat 343 kolf.

Kaswadi berpendapat minimnya stok darah setiap kali memasuki Ramadhan adalah karena masyarakat enggan mendonorkan darah saat berpuasa dengan beragam alasan. Dia mengatakan salah satu upaya yang ditempuh PMI Muntilan untuk menambah stok darah adalah bekerja sama dengan berbagai instansi hingga kelompok masyarakat untuk menggaet pendonor darah.

"Pengambilan darah pendonor juga dilakukan pada malam hari, dengan memperhatikan kondisi pendonor yang berpuasa pada siang harinya," tutur Kaswadi. Selain itu, diterapkan juga "donor pengganti", yaitu setiap kali ada pemohon darah maka pemohon itu diminta mendonorkan darah sebagai "ganti" stok darah PMI yang diminta. Golongan darah dari "donor pengganti" tidak harus sama dengan darah yang diminta.

Widodo Setiawan (30) salah satu pendonor mengaku terpanggil mendonorkan darahnya ke PMI Muntilan karena mendengar stok darah di PMI habis. Dia mengaku tetap mau mendonorkan darah, meskipun pada siang hari tetap menjalankan puasa.

Widodo mengatakan puasa sama sekali bukan halangan untuk melakukan donor darah, apalagi mendonorkan darah juga termasuk ibadah karena menolong sesama. "Ini kan juga termasuk ibadah. Jadi tidak masalah walaupun sedang puasa," ujar warga Wedomartani, Sleman, DIY ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com