Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan sejak Rabu Sore, Tasikmalaya Banjir

Kompas.com - 25/07/2013, 02:28 WIB
TASIKMALAYA, KOMPAS.com —  Banjir melanda ratusan rumah di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (24/7/2013) malam. Hujan deras yang turun sejak sore, membuat Sungai Cihanjuang meluap.

"Hujan besar sejak tadi sore sampai sekarang (tengah malam). Banjir sekarang sudah sedikit surut," kata Ayi Kuraesin, warga Karang Asem, Desa Pakemitan Kidul itu. Ia menuturkan, banjir melanda beberapa kampung, tersebar di Desa Pakemitan Kidul, Pakemitan, dan Desa Ciawi.

Menurut Ayi, genangan air yang cukup tinggi mencapai satu meter melanda permukiman penduduk Kampung Karang Asem dan Nampong, Desa Pakemitan Kidul. "Banjir yang paling parah di Kampung Karang Asem dan Nampong sampai sepinggang di dalam rumah," katanya.

Sementara itu, warga korban banjir berupaya memindahkan perabotan rumah tangga dan alat elektronik ke dataran yang lebih tinggi dalam rumah. Selain itu warga berusaha menumpukkan karung berisi tanah dan pasir di setiap pintu rumah untuk mencegah banjir lebih besar masuk ke dalam rumah. "Setahu saya ini banjir kedua kalinya yang paling parah dari banjir 15 tahun yang lalu," kata Ayi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Kundang Sodikin mengatakan, banjir di Ciawi disebabkan intensitas hujan yang tinggi dan berlangsung lama. Ia mengatakan sudah menerjunkan sejumlah petugas BPBD untuk meninjau langsung dan melakukan pendataan jumlah rumah dan kerugian materi serta jiwa akibat bencana banjir tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com