Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirazia BPOM, Pedagang Adu Mulut dengan Petugas

Kompas.com - 23/07/2013, 20:51 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Razia yang digelar Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Pasar Sentral Palakka, Kecamatan Taneteriattang Barat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2013), diwarnai aksi adu mulut antara pihak petugas dan pedagang pasar setempat.

Adu mulut ini terjadi karena pedagang keberatan jika barang dagangannya dimusnahkan oleh petugas meski sudah kedaluwarsa. "Tidak usah dimusnahkan nanti saya kembalikan, menjual di sini tidak ada untungnya kalau dimusnahkan tambah rugi lagi," bentak Ati kepada petugas BPOM.

Meski demikian, petugas tetap memusnahkan sejumlah bahan makanan seperti bihun, dan susu karena telah kedaluwarsa, namun tetap diperjualbelikan.

Selain itu, petugas juga memusnahkan salah satu produk bahan adonan kue lantaran menggunakan zat pewarna berbahaya. "Ini sudah ratusan botol kita musnahkan karena tetap diperjualbelikan, padahal ini sangat berbahaya bagi kesehatan," ujar Zohra Ros, petugas BPOM Kabupaten Bone.

Sementara sejumlah pedagang lainnya berkilah, barang yang kedaluwarsa dan telah disita oleh petugas BPOM adalah dagangan yang luput dari pemeriksaan sebelum diperdagangkan. "Kami sering periksa sebelum dijual jadi mungkin kami khilaf," kilah Taslim, seorang pedagang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com