Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebihi Kapasitas Kapal, 525 Penumpang Diturunkan Paksa

Kompas.com - 23/07/2013, 18:26 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Ratusan penumpang kapal Sabuk Nusantara 33 diturunkan paksa di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, oleh petugas Adpel Cabang Ambon yang dibantu aparat Kepolisian, Selasa (23/7/2013).

Sekitar 525 penumpang kapal yang hendak menuju Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) diturunkan paksa karena melebihi kapasitas kapal, dalam razia penumpang tak bertiket.

Sempat terjadi protes dari para penumpang yang dipaksa turun. Adu mulut dengan petugas pun tak bisa dihindari, karena tidak hanya penumpang yang tidak memiliki tiket saja yang diturunkan. Para penumpang yang memiliki tiket pun dipaksa meninggalkan kapal.

Kapal Sabuk Nusantara 33 berkapasitas 400 penumpang. Namun saat hendak berangkat Selasa sore tadi, jumlah penumpang mencapai 1.000 orang.

Kepala Adpel Ambon, Ali Ibrahim, mengatakan, pihaknya terpaksa menurunkan penumpang karena melebihi kapasitas muat kapal. "Lima ratus dua puluh lima penumpang penumpang diturunkan, karena melebihi kapasitas muat,” kata Ali

Tindakan itu dilakukan demi keselamatan penumpang, kata Ali. "Langkah ini kita ambil demi keselamatan para penumpang, apalagi keadaan cuaca dan kondisi laut di perairan Maluku saat ini tidak bersahabat," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com