Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Modul Potongan Pertama Garuda Wisnu Kencana Rampung

Kompas.com - 23/07/2013, 18:20 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com —
Sedikit demi sedikit potongan rangka dari patung raksasa Garuda Wisnu Kencana (GWK) rampung. Rencananya, Rabu (24/7/2013) besok, sebanyak 13 modul rangka potongan patung GWK berkulit tembaga dan kuningan rancangan I Nyoman Nuarta yang dibuat di Nuarta Galery Jalan Setra Duta, Kecamatan Sarijadi, Kota Bandung, akan dikirimkan ke Bukit Ungaran.

I Nyoman Nuarta mengaku optimistis mimpinya yang tertunda selama 25 tahun akan selesai paling lama dua tahun ke depan. Tepatnya di tahun 2015. "Sebenarnya tahun ini saya optimistis GWK selesai. Karena umur saya sudah cukup tua. Ini mimpi saya sebelum punya cucu," ujar Nuarta di Nuart Sculpture Park, Selasa (23/7/2013).

Dijelaskan Nuarta, tiap-tiap modul potongan dari GWK berukuran 40x40 meter dibentuk dari lembaran-lembaran tembaga dan kuningan dengan ukuran kurang lebih 30 sentimeter berbentuk segitiga. Lembaran tersebut kemudian direkatkan menutupi rangka stainless steel hingga membentuk modul-modul.

Ke-13 modul-modul tersebut rencananya akan dikirimkan ke Bali melalui jalan darat dengan menggunakan truk. Satu truk, diupayakan dapat mengangkut dua potongan modul. "Kalau seluruhnya selesai, perhitungannya bisa sampai 500 trailer," imbuhnya.

Nuarta menambahkan, untuk mendapatkan 13 modul yang akan dikirimkan tersebut, dibutuhkan sebanyak 11.000 lembar tembaga dan kuningan. "Kita juga memperkerjakan 100 tenaga kerja," kata dia.

GWK dipastikan berdiri menjulang setinggi 226 meter di atas permukaan laut dengan perincian tinggi patung 126 meter dan ketinggian tanahnya 100 meter di atas permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com