Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilih Jawa Timur Bertambah 1 Juta Orang untuk Pemilu Gubernur

Kompas.com - 20/07/2013, 08:04 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu Gubernur yang digelar pada tahun ini, Jumat (19/7/2013). Di dalam daftar tersebut, pemilih di provinsi ini tercatat 30.019.300 orang. Angka itu bertambah 1 juta pemilih dibandingkan pada pemilu gubernur lima tahun lalu.

Dari jumlah pemilih dalam DPT itu, pemilih laki-laki berjumlah 14.805.723 orang, sementara pemilih perempuan berjumlah 15.213.577 orang. ''Mereka akan menggunakan hak pilihnya di 71.033 tempat pemungutan suara (TPS) saat pemungutan suara pada 29 Agustus nanti," kata Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad, Jumat (19/7/2013) petang.

Peningkatan jumlah pemilih di Jawa Timur yang hanya di kisaran 1 juta orang, menurut Andry, adalah akibat telah diterapkannya KTP elektronik. "Seseorang tak lagi bisa memiliki KTP ganda seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar dia.

Selain itu, lanjut Andry, pada proses pemutakhiran data pemilih, masyarakat kurang proaktif, khususnya yang ada di pedalaman. "Petugas kami sudah berusaha maksimal, tapi masyarakat kurang proaktif. Jadi, ini sudah usaha maksimal dari KPU," ujar dia.

Pilgub Jawa Timur pada 2013 diikuti tiga pasangan calon kandidat. Mereka adalah pasangan petahana dengan nomor urut 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf, pasangan nomor urut 2 Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, dan pasangan nomor urut 3 Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah. Soekarwo-Syaifullah diusung mayoritas partai parlemen dan non-parlemen, Eggi-Sihat maju dari jalur independen, sementara Bambang-Said diusung PDI Perjuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com