Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, TKI Asal Malang Kirim Uang Senilai Rp 23 Miliar

Kompas.com - 19/07/2013, 17:09 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Sejak awal bulan Ramadhan hingga saat ini, Jumat (19/7/2013), total uang yang dikirim tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Malang di luar negeri, ke keluarga masing-masing mencapai Rp 23 miliar.

Uang tersebut dikirim melalui Western Union, Kantor Pos. Menurut Manajer Western Union Kantor Pos Besar Malang, Noversa Dini, Jumat (19/7/2013), sejak awal Ramadhan, sudah terjadi 9.207 transaksi kiriman ke Kantor Pos Besar Malang.

"Kalau diuangkan senilai Rp 23.128.876.600. Setiap harinya ada kiriman senilai Rp 767 juta," katanya.

Semakin mendekati Lebaran, semakin besar jumlah transaksi yang terjadi. "Paling banyak para TKI itu mengirim uang kepada sanak keluarganya yang ada di Malang Selatan. Karena para TKI di Malang paling banyak warga Malang Selatan," katanya.

Sementara itu, jumlah total uang yang dikirim TKI asal Malang untuk tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. "Tahun lalu tidak setinggi tahun sekarang," katanya.

Biasanya puncak pengiriman terjadi pada seminggu sebelum hari raya Idul Fitri. "Biasanya akan lebih banyak lagi yang kirim via wesel. Budaya TKI kirim uang saat Ramadhan itu, menjelang puasa sudah rutin dilakukan. Mungkin untuk biaya Lebaran," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com