Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, Stok Beras untuk Malang-Pasuruan Aman

Kompas.com - 18/07/2013, 17:16 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Selama Ramadhan hingga Lebaran mendatang, stok beras untuk wilayah Malang dan Pasuruan, dinyatakan aman. Saat ini, Perum Bulog Subdivre Malang ini menyediakan beras sebanyak 39 ton 243 kilogram.

Menurut Kasie Pelayanan Publik Perum Bulog Subdivre Malang, Rachmawati, Kamis (18/7/2013), stok beras di wilayah Malang Raya dan Pasuruan cukup aman hingga Lebaran. Bahkan bisa mencukupi hingga Maret 2014 mendatang.

"Untuk itu, masyarakat tidak perlu resah akan ketersediaan beras meski saat ini telah memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran. Karena ketersediaan beras di Bulog Malang saat ini mencapai 39 ton 243 kilogram," ungkap Rachmawati.

Jumlah tersebut, beber Rachmawati, masih belum termasuk ketersediaan gabah. Untuk jumlah stok gabah, masih ada 40 ton 243 kilogram. "Tapi, tak bisa dimungkiri, kalau anomali cuaca saat ini membuat serapan beras pada petani berkurang. Hal itu terjadi sejak April lalu," katanya.

Untuk wilayah Malang sendiri, penyerapan beras tak hanya di Kabupaten Malang. Namun, juga ke daerah lain di luar Malang, seperti Blitar dan sekitarnya.

"Cuaca memang berpengaruh pada pengadaan beras. Saat ini, pengadaan lebih banyak di luar Malang karena harga gabah di Malang mencapai Rp 4.500 per kilogram di tingkat penggiling," katanya.

Sementara itu, untuk harga beras di Bulog Malang, Rachma mengatakan, saat ini harganya mencapai Rp 7.600 per kilogram untuk beras medium. "Tapi Bulog menjual Rp 7.350 dalam operasi pasar yang bekerja sama dengan Pemprov Jatim dan Pemda di Malang," akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com