Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Ikut Bangun Jalan di Papua

Kompas.com - 18/07/2013, 15:29 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — TNI ikut dilibatkan dalam pembangunan wilayah perbatasan. Kali ini, personel dan peralatan TNI dikerahkan untuk membangun jalan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Presiden sudah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2013 tentang Pembangunan Jalan dalam Rangka Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat," ujar Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono usai pembukaan Rapat Kerja ke-5 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kamis (18/7/2013), di Jakarta.

Ia mengatakan, pembangunan jalan itu akan melibatkan anggota TNI dari Direktorat Zeni TNI AD dan Maritim. Disampaikannya, personel dan peralatan yang dibutuhkan sudah siap. "Semua sudah siap, hanya tinggal diperintahkan bekerja," lanjutnya.

Agus menuturkan, pembangunan jalan oleh TNI itu bertujuan membuka keterisolasian Papua dan Papua Barat, baik antar-pulau-pulau kecil dan antarwilayah, serta memperbaiki kualitas jalan perbatasan. Disampaikannya, anggaran kerja untuk pembangunan jalan berasal dari anggaran Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B).

Dia mengatakan, selain di Papua, pihaknya juga tidak menutup kemungkanan akan terlibat dalam pembangunan di daerah perbatasan lainnya. "Semua tergantung materi pekerjaan. Kalau untuk yang di Papua, kami terus sedang menggodoknya," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com