Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bung Karno dan Menteri Pernah Rapat di Rumah Patangpuluhan

Kompas.com - 17/07/2013, 18:43 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Rumah kuno di Jalan Patangpuluhan Nomor 22 Wirobrajan, Yogyakarta, pernah digunakan untuk rapat-rapat menteri jajaran kabinet di masa pemerintahan Soekarno.

Hal itu diceritakan oleh Anggrita, cucu Purbodiningrat dari putri ketiganya, Siti Salmiati. Kepada Kompas.com, Anggrita mengaku mendapat cerita itu dari sang ibu yang ketika itu masih SMP.

"Ketika singgah di rumah itu, Soekarno sering mengadakan rapat-rapat menteri jajaran kabinet," kata Anggrita kepada Kompas.com, Rabu (17/7/2013).

Ia menuturkan, rapat itu biasanya digelar di ruang tamu yang luasnya sekitar 11 x 7 meter. Setiap kali Soekarno dan para menteri kabinet mengadakan rapat, di luar rumah pasti ada penjagaan sebab saat itu Yogya dikuasai Belanda.

Dia mengaku tidak tahu pasti kapan Presiden pertama RI itu singgah di rumah itu. Namun, kata guru tari di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta itu, menurut cerita neneknya atau istri Purbodiningrat, sekitar tahun 1948, Soekarno bersama ibu negara Fatmawati dan dua anak mereka, Guntur dan Megawati, mulai berada di rumah yang dibangun pada tahun 1932 itu.

"Ya lumayan lama, soalnya sering dijadikan tempat rapat. Sekitar 40 harian. Itu menurut nenek," tutur Anggrita.

Selama singgah di rumah, Soekarno dan keluarga menempati kamar utama seluas 5 x 50 meter yang berada di sisi timur ruang keluarga.

"Awalnya Itu kamar Eyang, namun dipersilakan untuk Soekarno dan keluarga. Sebab, menurut Eyang, Seokarno dan keluarga butuh kamar yang luas," paparnya.

Sampai saat ini, lanjut Anggrita, semua komponen rumah, mulai dari dinding dan perabotan, masih terawat dengan baik, bahkan tempat tidur yang dulu digunakan Soekarno pun masih utuh.

"Semua masih dalam kondisi baik. Hanya ada beberapa benda yang sudah dibagikan ke keluarga," pungkas Anggrita.

Rumah kuno seluas 4.213 meter persegi di Jalan Patangpuluhan Nomor 22 Wirobrajan, Yogyakarta, ini menjadi perbincangan banyak kalangan sejak rumah itu ditawarkan di sebuah situs jual beli online. Disebutkan di situ bahwa rumah tersebut pernah menjadi tempat persembunyian Presiden pertama RI Soekarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com