Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebihi Kuota, Siswa Sekolah Favorit Terpaksa Masuk Siang

Kompas.com - 17/07/2013, 17:31 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Kasus penerimaan siswa baru melebihi kuota terjadi di sejumlah sekolah favorit di Denpasar, Bali. Salah satunya di SMP Negeri I Denpasar. Kuota siswa baru yang seharusnya hanya 192 membengkak menjadi 492 siswa.

"Berdasarkan laporan yang masuk dari masyarakat. Dikeluhkan sampai harus masuk siang bagi siswa kelas 7. Hal ini dikarenakan jumlah siswa yang diterima melebihi jumlah kelas yang dimiliki SMPN 1 Denpasar," ujar Asisten Bidang Pengawasan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali, Dhuha F Mubarak, memberi keterangan pers, Rabu (17/7/2013).

Pembengkakan kuota ini melanggar ketentuan Juknis Pelaksanaan PPDB Kota Denpasar dari Diknas No: 422.1/1402/DIKPORA/2013 yaitu sejumlah 192 siswa.

Ombudsman Bali berusaha mengklarifikasi kepada kepala sekolah, tetapi gagal karena yang bersangkutan sedang studi banding di Yogyakarta.

Pembengkakan juga terjadi di SMP Negeri 3 Denpasar. Dengan daya tampung hanya 224 siswa untuk tujuh kelas, SMP Negeri 3 Denpasar menerima 460 siswa untuk tahun ajaran baru ini.

Di tingkat SMA, pembengkakan terjadi di SMA Negeri 1 Denpasar, yakni kapasitas yang hanya sekitar 200-an siswa, dijejali dengan 513 baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com