Dishub Jabar Prediksi 35 Persen Pemudik Pindah ke Sepeda Motor

Kompas.com - 13/07/2013, 17:38 WIB
Ilustrasi

KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWANIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANDUNG, KOMPAS. com - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat memprediksi, jumlah pemudik bersepeda motor di Jawa Barat akan naik 35 persen, sebagai dampak kenaikan harga BBM bersubsidi.

Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik mengatakan, naiknya harga BBM bersubsidi membuat biaya mudik dengan kendaraan roda empat baik angkutan massal atau mobil pribadi membengkak, dan pemudik akan beralih menggunakan sepeda motor yang dianggap lebih hemat.

" Kendaraan roda dua masih menjadi perhatian. Dengan kenaikan BBM, pasti akan ada hijrah dari kendaraan roda empat ke roda dua, diperkirakan hingga 35 persen," katanya, Sabtu (13/7/2013).

Untuk mengurangi jumlah tersebut, kata Dedi, Kementerian Perhubungan sebenarnya telah menyiapkan angkutan gratis untuk 30 ribu unit sepeda motor di seluruh Indonesia. Namun dia belum mengetahui kuota untuk para pemudik di dari Jawa Barat.

"Ini harus kita perhatikan, Kedepannya, mereka juga harus menikmati dengan lancar rute-tute mudik," imbuhnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X